Back to Top

7 Panduan Efisien Menggunakan Aplikasi Edit Video di Smartphone

Raden Pedia
December 06, 2022
0 comments

 

7 Panduan Efisien Menggunakan Aplikasi Edit Video di Smartphone - www.radenpedia.com

7 Panduan Efisien Menggunakan Aplikasi Edit Video di Smartphone

Sumber: Pexels by Eren Li

APLIKASI - Pekerjaan video editing merupakan aktivitas yang krusial dalam industri kreatif. Dalam perkembangannya, terdapat berbagai aplikasi edit video yang juga turut hadir di perangkat smartphone.

Pertumbuhan tersebut membawa beragam inovasi yang semakin baik. Tidak menjadi kompetitif, berbagai aplikasi tersebut justru hadir sebagai kolaborator baru di industri kreatif.

Menggunakan Aplikasi Edit Video di Smartphone

Sumber: Pexels by Eren Li

Saat ini beragam aplikasi edit video di smartphone sudah semakin berkembang. Berbagai fungsi dan fitur hadir sesuai dengan tujuan pembuatan video. Beberapa aplikasi fokus pada jenis video pendek. 

Namun tidak jarang juga dukungan maksimal juga hadir untuk kebutuhan video berdurasi panjang dan format profesional. Hal tersebut menyebabkan industri kreatif tumbuh semakin baik. Di sisi lain, proses video editing dengan smartphone juga memiliki beberapa keunggulan.

Keunggulan Aplikasi Edit Video Smartphone

Sumber: Pexels by Thirdman

Mengerjakan video editing dengan aplikasi edit video di smartphone memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Beberapa keunggulan tersebut berhubungan dengan fleksibilitas perangkat dan dukungan dasar yang tersedia.

Adapun beberapa keunggulan yang dimiliki berbagai aplikasi edit video di perangkat smartphone, antara lain:

  • Efisien;

  • Mayoritas gratis;

  • Terhubung dengan cloud;

  • Hemat biaya perangkat.

Panduan Efisien Menggunakan Aplikasi Edit Video di Smartphone

Sumber: Pexels by Andrea Piacquadio

Pekerjaan yang berhubungan dengan kreasi video merupakan bagian dari industri kreatif. Meski erat dengan kebebasan kreasi dan ekspresi, industri kreatif juga tetap merupakan sektor yang memiliki struktur yang jelas.

Seorang kreator atau editor tetap memerlukan kerangka kerja yang baik. Hasilnya, karya-karya yang diproduksi juga akan menjadi semakin berkualitas. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan proses video editing antara lain sebagai berikut.

Memilih Aplikasi Edit Video yang Sesuai

Sumber: PlayStore

Pilih aplikasi edit video yang sesuai dengan kebutuhan, kapasitas, dan kenyamanan penggunaan. Hindari pemilihan aplikasi hanya berdasar pada tren dan iklan yang menarik.

Pastikan detail kebutuhan Anda dengan jelas. Beberapa aplikasi dengan fitur canggih tidak selalu menghasilkan karya yang baik. Namun optimasi pada fitur yang nyaman dan sesuai adalah pilihan yang lebih bijak.

Menentukan Konsep

Sumber: Pexels by Pixabay

Setiap video yang baik tentu memiliki konsep yang jelas. Konsep tersebut termasuk pada cara pengambilan gambar, jenis footage, tema, dan berbagai hal lainnya. Menggunakan konsep yang jelas memberi batasan kerja yang baik.

Dengan sebuah konsep yang jelas, Anda bisa menggunakan beberapa aset visual dan audio secara berulang. Hal tersebut akan mengurangi beban perangkat karena menggunakan aset yang tidak diperlukan.

Konsep yang jelas juga menjaga sebuah karya tetap sederhana dan efisien. Pesan dan maksud dari sebuah karya akan tersampaikan dengan jelas. Konsep membantu video selesai tepat waktu tanpa gangguan informasi dari elemen-elemen yang tidak memiliki peran khusus dalam sebuah karya.

Membuat Storyboard

Sumber: Pexels by Christina Morillo

Storyboard merupakan rancangan berisi potongan-potongan gambar yang akan mewakili sebuah frame atau scene dalam video. Mengembangkan storyboard membantu Anda mengetahui kebutuhan gambar atau footage yang utama dari video yang diproduksi.

Storyboard juga dapat dikembangkan untuk menyusun jadwal pengambilan gambar. Pasalnya, pada sebuah video, terdapat variasi scene yang dibutuhkan. 

Namun terkadang scene yang terpisah dalam durasi memiliki lokasi dan kebutuhan properti yang seragam. Dengan mengetahui secara jelas seluruh kebutuhan footage, Anda dapat melakukan pengambilan gambar sekaligus beberapa scene di lokasi dan properti yang sama.

Mengumpulkan Materi dan Footage

Sumber: Pexels by Taryn Elliott

Saat melakukan proses video editing, sebaiknya seluruh footage telah disiapkan dan disusun dengan rapi. Hal tersebut menghindarkan Anda terlalu beralih lintas aplikasi untuk menemukan footage yang sesuai.

Peralihan tersebut dapat menyebabkan gangguan fokus dan konsentrasi. Sejumlah smartphone tidak terlalu mendukung peralihan tersebut dan membuat lebih cepat panas. Beberapa smartphone bahkan dapat mengalami hang apabila hal tersebut cukup sering terjadi.

Menentukan Durasi

Sumber: Pexels by Miguel A Padrinan

Setiap video sebaiknya memiliki batasan durasi yang jelas. Apabila tidak terdapat durasi spesifik, setidaknya terdapat rentang waktu yang menjadi perkiraan seorang editor.

Hal tersebut menjaga pekerjaan berada pada batasan yang jelas. Tanpa ketentuan durasi, Anda dapat terlalu lama melakukan proses editing dengan menyisipkan elemen dan inspirasi baru ke dalam data pekerjaan.

Mengalokasikan Waktu Editing

Sumber: Pexels by Cats Coming

Proses video editing pada mulanya akan terasa menyenangkan dan memunculkan banyak inspirasi. Namun terlalu lama berada di depan aplikasi dapat membuat Anda jenuh dan mengalami burnout.

Hal tersebut merupakan kondisi saat Anda tidak dapat banyak mengembangkan proses kreatif. Umumnya setiap orang memiliki durasi berbeda hingga mencapai burnout tersebut. Maka sebaiknya atur waktu video editing secara teratur.

Simpan sementara pekerjaan Anda apabila sudah mengalami kondisi burnout. Anda bisa terlebih dulu beralih pada aktivitas lain seperti peregangan atau sejenisnya. Setelah jeda, Anda bisa kembali dengan pekerjaan video editing lagi.

Melakukan Peninjauan Ulang

Sumber: Pexels by Alpha Trade Zone

Setiap hasil video yang telah selesai melalui proses editing, tentu membutuhkan peninjauan ulang sebelum dirilis. Hal tersebut akan memastikan tidak terdapat kesalahan render, sisipan teks, potongan gambar, dan berbagai hal teknis lainnya.

Selalu terdapat risiko kesalahan dalam proses editing yang panjang. Hal tersebut akan lebih baik apabila ditangani sebelum rilis dan disadari oleh diri sendiri. Penemuan kesalahan dari pihak luar justru akan menjadikan reputasi yang kurang baik bagi seorang kreator atau editor.

Penutup

Sumber: Pexels by Pixabay

Demikian ulasan dan rekomendasi proses editing serta persiapannya yang efisien. Bekerja secara terstruktur membantu hasil karya mencapai kualitas maksimal.

Meski berada pada industri kreatif, kebebasan terletak pada ide dan prosesnya. Hal tersebut tidak menjadikan seorang kreator atau editor bebas dari struktur kerja dan melakukan segala sesuatu tanpa prosedur. ***


by Google