Back to Top

Tips Mempersiapkan Presentasi dan Menciptakan Diskusi yang Baik

Raden Pedia
February 04, 2023
0 comments

Tips Mempersiapkan Presentasi dan Menciptakan Diskusi yang Baik - www.radenpedia.com

RADENPEDIA - Sistem pembelajaran saat masih duduk di bangku kuliah dulu yang paling saya suka adalah saat presentasi dan dilanjutkan dengan diskusi. Bagi saya pribadi, dibandingkan dengan sistem ujian tulis saya lebih suka ujian lisan ataupun dengan cara seperti presentasi. Alhamdulillah nya dengan sistem begini saya jadi merasa nyaman saat melaksanakan Sidang Tugas Akhir.

Presentasi yang baik akan menciptakan diskusi yang baik pula.

Secara sederhana menurut saya presentasi itu seakan akan kita menyampaikan apa yang kita ketahui dalam konteks ini adalah sebuah projek atau tugas yang telah kita kerjakan pada bagian tertentu. Dilansir Wikipedia, Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. 

Tips Mempersiapkan sebuah Presentasi

Presentasi harus dipersiapkan sebaik mungkin agar hadirin bisa menerima dengan baik informasi yang kita bawa. Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan menurut saya adalah sebagai berikut :

Mental yang Baik

Menghadapi banyaknya pasangan mata yang menyerot ke kita langsung tentu akan mempengaruhi ke mental kita, baik saat melakukan presentasi ataupun sebelumnya. Untuk itu kita harus memahami apa yang akan kita presentasikan.

Persiapkan Materi Presentasi dengan Sungguh-sungguh

Seperti yang disebutkan pada poin 1, sebelum melakukan presentasi maka kita harus membuat materi yang jelas gamblang dan tidak menimbulkan pertanyaan yang jauh dari tema kita. Pastikan temen-temen tau apa sih benang merah yang akan kita bahas.

Gunakan Media Presentasi yang Menarik

Media presentasi yang mungkin dikenal banyak orang adalah Microsoft Powerpoint. Penggunaan nya yang terbilang cukup mudah menjadikannya sangat diminati oleh banyak para presenter yang akan presentasi. Namun dengan perkembangan dan penyesuaian zaman, kita mengenal banyak media untuk presentasi, seperti penggunaan karton yang kita tempel-tempel poin pembahasan, maka itu juga bisa kita gunakan untuk presentasi. Atau menggunakan Canva untuk membuat design yang lebih fresh juga bisa.

Buatlah Catatan pada Buku seperti Daftar Isi

Agar memudahkan saat proses diskusi, kamu bisa membuat daftar isi setiap judul slide yang kamu buat. Ini bisa kamu tulis dibuku kecil atau bisa juga di halaman terakhir presentasi dan dikombinasikan dengan hyperlink agar memudahkan saat proses diskusi.

Buku tulis ini juga berguna untuk kita mencatat pertanyaan dari peserta diskusi, jika kemampuan menulis kamu lambat, maka usahakan kamu bisa menSCAN inti dari pertanyaan peserta diskusi.


Tips Mempersiapkan Presentasi dan Menciptakan Diskusi yang Baik - www.radenpedia.com
Gambar oleh Diggity Marketing dari Pixabay

Tips Menjadi Peserta Diskusi Presentasi

Seperti yang sudah Radenpedia sebutkan di Sesi 1, bahwa presentasi yang baik akan memberikan proses dikusi yang baik juga. Jika kita menhadiri sebuah presentasi maka persiapkan diri kita dengan menjadi peserta yang baik dan tidak menjengkelkan hehe.

Simaklah Presentasi secara Utuh

Saat sesi presentasi berlangsung maka semua konsentrasi peserta usahakan kepada presenter atau bahan diskusi nantinya. Hal ini juga menunjukan rasa hormat kita ke presenter. Pastikan kita mencatat apa yang ingin kita tanyakan pada sesi diskusi.

Ajukan Pertanyaan yang Membuat Diskusi Hidup

Pertanyaan pasti akan timbul jika kita benar-benar menyimak sebuah presentasi, usahakan kita bertanya sesuai dengan tema yang sedang dibahas. Jangan sampai kita bertanya diluar tema, apalagi bertujuan untuk mematikan jawaban dari presenter (Biasanya sering terjadi di masa perkuliahan).

Sebelum mengajukan pertanyaan saran dari saya pribadi, usapkan rasa terimakasih karena sudah membawakan materi yang tentu saja memberikan kita wawasan dan ilmu baru. Terima kasih itu kata yang sederhana namun kadang kita lupa untuk mengucapkannya :)

Simak Jawaban yang Diberikan

Setelah mengajukan, pastikan kita untuk menyimak semua jawaban yang diberikan. Alangkah baiknya kita tulis untuk memudahkan kita memahaminya. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terimakasih.

Simpulan

Dalam jalannya diskusi ini harus tercipta komunikasi dua arah. Presentasi akan dinilai baik juga dengan munculnya pertanyaan yang berkualitas dan menambah wawasan. Kita tidak perlu berbesar kepala menggunakan bahasa yang sulit dimengerti oleh peserta, tapi pastikan bahasa yang kita gunakan bisa diterima dengan baik

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan tetap semangat. Tidak ada hasil diskusi yang baik tanpa adanya proses diskusi yang baik.

Sumber

Wikipedia, Canva, Pixabay


Tags :

Diskusi

Tips Presentasi

Tips Diskusi

by Google