Back to Top

Bukan Odol, Berikut Bahan Alami untuk Menyembuhkan Luka Bakar Ringan

Raden Pedia
August 30, 2022
0 comments
5 Bahan Alami Untuk Me5 Bahan Alami Untuk Menyembuhkan Luka Bakar - www.radenpedia.comnyembuhkan Luka Bakar

RADENPEDIA - Terluka akibat terkena sesuatu yang membakar memiliki 3 tingkatan antara lain ringan, sedang, dan juga berat. Hal ini bisa kita lihat dari tingkat parah tidaknya luka yang kita terima nih temen-temen. Luka bakar ini bisa kita alami akibat terbakar oleh paparan sinar matahari secara langsung yang terus menerus. Ada juga luka bakar sedang seperti kondisi kulit melepuh dan kemerahan.

Terakhir adalah luka bakar berat, hal ini bisa bermasalah hingga ke dalam jaringan sel sel kulit kita terlebih bisa mengenai bagian perlemakan dan otot yang kita miliki. 


Jika teman teman dirumah mengalami hal demikian jangan panik, bisa dicoba penangananya terlebih dahulu dengan memberikan penanganan pertama yang akan radenpedia share dibawah ini.

Pertolongan pertama ini sifatnya juga secara alami atau natural dengan menggunakan tanaman seperti tanaman lidah buaya. 

Mungkin teman-teman dirumah pernah mendapati orang yang kena luka bakar lalu diolesi oleh pasta gigi kan? Ternyata hal demikian kurang baik untuk kita lakukan karena dapat menahan panas dipermukan yang akhirnya menimbulkan peradangan.

5 Bahan Alami yang Dapat Menyembuhkan Luka Bakar


Mari kita saling berbagi terkait bahan alami yang bisa membantu menyembuhkan luka bakar.

1. Lidah Buaya

Gambar oleh https://pixabay.com/id/users/rosina-sch-9903492/

Kandungan Gel pada lidah buaya memiliki banyak vitamin E dan juga dapat memberikan rasa sensasi sejuk dan tidak akan menimbulkan peradangan pada kulit. Sensasi yang dingin ini juga memberikan efek yang baik untuk penanganan luka bakar pada bagian permukaan kulit. 

Keratinosit ialah sel penyusun epidermis buat menghindari keluar masuknya senyawa kimia asing untuk menyembuhkan luka bakar, usahakan temen temen menggunakan tanaman lidah buayanya langsung yang masih segar.

2. Air Mengalir

https://pixabay.com/id/users/rewrite27-1531770/

Air mengalir menjadi salah satu opsi pertolongan awal pada luka bakar, yang bisa kita terima secara alami. Air mengalir ini seolah-olah bisa membiaskan rasa panas(terbakar) pada bagian kulit luar kita. Seperti luka bakar akibat cipratan minyak panas saat menggoreng.

Langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan mengalirkan air pada bagian tubuh kita yang terkena luka bakar tersebut dengan kisaran waktu 5 sampai 15 menit. Setelah itu diamkan atau lakukan berulang jika masih terasa panas perih.

3. Madu

https://pixabay.com/id/users/fancycrave1-1115284

Banyak orang yang mempercayai madu bisa dimanfaatkan jadi bahan penyembuh beragam jenis penyakit, termasuk pengobatan penyakit kulit karena efek dari asam amino, vit, protein, mineral yang terkandung pada setiap tetesan madu.

Menurut Arif Mz dari Fakultas Kesehatan Universitas Lampung, dalam madu juga ada senyawa organik semacam polyphenol serta glikosida yang berfungsi menjadi antivirus dan juga antibakteri yang bisa mencegah peradangan akibat luka bakar.

4. Oatmeal

https://pixabay.com/id/users/iha31-560629

Seperti yang juga kita ketahui bahwasannya oatmeal bisa menjadi masker wajah yang dapat memberikan kelembapan dengan baik. Gandum pada oatmeal mempunyai manfaat anti peradangan sehingga membantu mempercepat proses pengobatan luka bakar yang kita alami.

Bubur oatmeal dapat mendinginkan serta melembapkan luka bakar yang kita alami. Cara penggunaannya juga cukup mudah, cukup buat bubur oatmeal menggunakan air biasa (jangan air panas) lalu dikompreskan ke bagian yang mengalami luka bakar selama 15 menit agar luka bakar tidak terlalu parah.

5. Cuka Putih

https://pixabay.com/id/users/zaxcon-5606745

Cuka putih juga memiliki antiseptik yang bisa menghindari luka bakar jadi peradangan. Asam asetat yang ada pada cuka putih ini bisa berfungsi meredakan radang serta rasa nyeri akibat luka bakar.

Temen temen dirumah cukup tuangkan cuka pada cawan, lalu celupkan kapas ke air cuka tadi yang telah disiapkan, kemudian tetelkan atau tempelkan kapas tersebut ke bagian yang terkena luka bakar. Anti inflamasinya bisa mempercepat pengobatan luka bakar yang sedang kita alami.

Tips Menghindari Bekas Luka Bakar

Tips untuk menghindari bekas luka bakar yang dalam dan susah untuk disamarkan, teman dirumah hanya butuh mengambil langkah yang tepat saat penindakan awal luka bakar. Kondisi luka bakar yang luas dan tidak memungkinkan menggunakan cara alami diatas hendaknya penulis sarankan untuk langsung menghubungi dokter. Saran diatas hanya dapat dipraktikkan pada luka bakar kategori ringan.

Referensi

Berbagai sumber informasi dan pengalam pribadi

Terimakasih sudah membaca artikel ini hingga selesai, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Semoga yang sedang mengalami luka bakar lekas sembuh. Jangan lupa untuk selalu semangat dan bersyukur. Tetaplah berjuang, hingga waktu meminta mu untuk berbaring didalam tanah.

by Google