Back to Top

5 Tips UMKM Menjangkau Pasar Baru Sebelum Resesi


cara umkm menghadapi resesi - WWW.RADENPEDIA.COM

RADENPEDIA - Kabar resesi disikapi dengan beragam oleh pelaku usaha. Namun langkah yang tidak banyak dipilih adalah menargetkan pasar penjualan baru di tengah resesi.

Hal tersebut disebabkan prosesnya yang rumit dan sangat menantang. Beberapa prosedur bahkan mengharuskan pelaku usaha mengeluarkan modal ekstra di tengah situasi resesi.

Menargetkan Pasar Baru Sebelum Resesi 

Sumber: Pexels by Christina Morillo

Menyasar target pasar baru merupakan langkah strategis untuk bertahan di situasi resesi. Terutama saat pasar yang sebelumnya menjadi target utama memasuki masa lesu atau mengalami penurunan daya beli.

Manfaat Menargetkan Pasar Baru Untuk UMKM

Sumber: Pexels by Fauxels

Target pasar baru bukan merupakan analisa acak, namun merupakan cara bertahan di situasi resesi yang ketat dan sulit. Beberapa manfaat berikut dapat menjadi pertimbangan pelaku usaha dalam memasuki target pasar baru.

Menjangkau Pasar dengan Daya Beli Potensial

Faktanya, tidak semua kelompok masyarakat terdampak resesi secara merata. Beberapa kalangan bahkan masih dapat membelanjakan uangnya dengan tenang.

Kelompok tersebut ialah kalangan ekonomi menengah dan menengah ke atas. Kalangan tersebut juga yang menjadi target potensial untuk menjaga arus kas perusahaan di masa resesi.

Baca Juga : Cara Pengusaha Bertahan dari Dampak Resesi

Menambah Jumlah Penawaran

Daya beli masyarakat secara umum akan menurun. Pelaku usaha harus menyeimbangkannya dengan meningkatkan jumlah penawaran yang disampaikan ke pasar.

Dengan begitu, potensi transaksi akan semakin besar dan dapat menyamai situasi sebelum resesi. Hal tersebut akan menjadi alat terbaik untuk bertahan di masa-masa sulit.

Membangun Pondasi Bisnis

Pergerakan sebelum dan selama resesi dapat menjadi modal besar bagi sebuah UMKM. Pasalnya bisnis yang bertahan di tengah resesi biasanya akan menjadi usaha yang lebih besar setelah melalui masa sulit.

Cara Mendapatkan Pasar Baru Untuk UMKM

Sumber: Pexels by Fauxels

Beberapa langkah berikut dapat digunakan untuk menjangkau audiens baru sebuah UMKM. Mayoritas langkah berikut dapat dilakukan secara gratis. Namun tentu setiap langkah akan membutuhkan waktu tertentu hingga memberikan dampak signifikan.

Menggunakan Media Sosial

Jadilah kreator konten untuk brand bisnis sendiri. Media sosial menjadi ruang yang sangat strategis mempengaruhi konsumen secara halus. Kredibilitas di media sosial juga sering menjadi pertimbangan sebelum transaksi.

Informasi yang lengkap, menyeluruh, dan aktif menjadi indikasi sebuah layanan UMKM positif di mata konsumen. Oleh karena itu, basis penggemar media sosial juga menjadi sebuah aset tersendiri bagi sebuah bisnis.

Melengkapi Informasi di Platform Digital

Lengkapi seluruh informasi di platform digital mulai dari media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan berbagai layanan lain. Selain itu, lengkapi juga informasi di layanan seperti Google Maps atau website toko online.

Pelaku usaha terkadang tidak dapat mengetahui sumber transaksi potensial. Meletakkan informasi di ruang-ruang digital dapat menumbuhkan potensi tersebut dengan baik.

Mengikuti Program Networking

Terdapat berbagai program pembangunan jaringan yang diselenggarakan pihak-pihak pendukung. Ikuti agenda tersebut untuk menjaring konsumen baru ataupun reseller.

Membagi porsi kerja dan memperbanyak perpanjangan tangan menjadi langkah ideal untuk bertahan di situasi resesi. Hal tersebut juga dapat menjadi langkah ideal membantu dan memberdayakan pihak yang potensial bagi bisnis.

Bekerjasama dengan Kreator Konten

Buatlah kerjasama dan kesepakatan kolaborasi dengan kreator konten. Saat ini, kreator konten menjadi salah satu jembatan ekonomi terbaik dengan biaya paling ringan.

Meski terkesan rumit dan memakan biaya, namun langkah tersebut menjadi opsi yang cukup rasional. Terutama bagi UMKM yang belum memiliki biaya promosi terlalu tinggi. Beberapa kreator konten bahkan bersedia untuk menjalin kerjasama bagi hasil.

Menggunakan Layanan Periklanan

Gunakan layanan periklanan digital untuk menjangkau audiens baru. Berbagai layanan periklanan dapat dijangkau mulai dari harga puluhan ribu. Upayakan untuk tidak menghamburkan biaya promosi sekaligus.

Lakukan beberapa riset dengan biaya kecil untuk mengukur penerimaan. Hasil analisa dan pengujian dapat selalu ditingkatkan untuk mencapai formula pemasaran yang ideal.

Penutup

Sumber: Pexels by LinkedIn Sales Navigator

Demikian ulasan dan rekomendasi cara sebuah UMKM menjangkau audiens baru. Langkah tersebut menjadi salah satu cara bertahan paling masuk akal bagi pengusaha di situasi resesi.


by Google